PKL PMI UIN 2023

Dipublikasikan oleh adminpmi pada

Gambar 1
  • Gambar 1

Penguatan Kompetensi Lapangan (PKL) Mahasiswa PMI UIN RIL Tahun 2023

Penguatan Kompetensi Lapangan (PKL) merupakan bagian kurikulum yang sedang berjalan pada jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI).  Pada jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) PKL  diarahkan untuk memberikan penguatan kompetensi teori melalui Penguatan Kompetensi Lapangan (PKL). Adapun hal ini dikonfirmasi oleh ketua jurusan Pengembangan Masyarakat Islam yakni bapak Drs. Mansur Hidayat, M.Sos.I. yang menjelaskan bahwa :

“Dalam melalakukan penguatan kompetensi teori itu harus dilengkapi dengan pengalaman maka mahasiswa harus pergi ke lapangan sehingga mahasiswa dapat mengalami makanya dibutuhkan PKL agar mengalami, artinya berhadapan langsung dengan fakta lapangan bukan fakta akademis yang ada di teori”.

Adapun dalam Penguatan Kompetensi Lapangan (PKL) jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) pada tahun ajaran 2023/2024 bekerja sama dengan PT. Kalibrasi untuk memberikan penguatan kompetensi bagi mahasiswa. Adapun pasca PKL mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk mengikuti uji kompetensi di BNSP, adapun apabila lulus nantinya mahasiswa akan mendapatkan sertifikat BNSP yang mana keahlian dari mahasiswa tersebut standar Nasional. Adapun hal ini dikonfirmasi oleh ketua jurusan Pengembangan Masyarakat Islam yakni bapak Drs. Mansur Hidayat, M.Sos.I. yang menjelaskan bahwa :

“Adapun pasca PKL mereka akan diberikan kesempatan untuk mengikuti uji kompetensi di BNSP, kalau lulus nanti mendapatkan ijasah BNSP, kalau lulus berarti mendapatkan ijasah sertifikat BNSP keahlianya itu terstandar Nasional , ya jadi kalau ada perusahaan buka lowongan untuk tenaga ahli pengembangan masyarakat dia modal sertifikat itu dan ijasah tetap diperlukan yang menandakan bahwa dia selesai S1 program pengembangan masyarakat Islam, tapi keahlianya itu ditunjukan dengan sertifikat”.

Adapun bentuk dari Penguatan Kompetensi Lapangan itu berupa peyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) di desa-desa. Adapun 7 desa yang menjadi lokasi dari Penguatan Kompetensi Lapangan (PKL) yaitu : desa Wawasan, desa Srikaton, desa Serdang, desa Bangun Sari, desa Sinar Rezeki, desa Purwotani dan desa Trimulyo. Pada desa Wawasan dosen pembimbing lapanganya adalah bapak Dr. M. Saifuddin, M.Pd. yang mana terdapat 8 Mahasiswa yang mengikuti PKL dapat ditunjukan pada gambar berikut ini:

Gambar 1

Pada desa Srikaton dosen pembimbing lapanganya adalah bapak Dr. Jasmadi, M.Ag yang mana terdapat 8 mahasiswa yang mengikuti PKL, dapat ditunjukan pada gambar berikut ini :

Gambar 2

Pada desa Serdang dosen pembimbing lapanganya adalah bapak Dr. M. Mawardi J, M.Si yang mana terdapat 8 mahasiswa yang mengikuti PKL, dapat ditunjukan pada gambar berikut ini :

Gambar 3

Pada desa Bangun Sari dosen pembimbing lapanganya adalah bapak H. Zamhariri, S.Ag, M.Sos.I. yang mana terdapat 8 mahasiswa yang mengikuti PKL, dapat ditunjukan pada gambar berikut ini :

Gambar 4

Pada desa Sinar Rezeki dosen pembimbing lapanganya adalah ibu Mardiyah, S.Pd,  M.Pd yang mana terdapat 8 mahasiswa yang mengikuti PKL, dapat ditunjukan pada gambar berikut ini :

Gambar 5

Pada desa Purwotani dosen pembimbing lapanganya adalah bapak Drs. Mansur Hidayat, M.Sos.I. yang mana terdapat 8 mahasiswa yang mengikuti PKL, dapat ditunjukan pada gambar berikut ini :

Gambar 6

Pada desa Trimulyo dosen pembimbing lapanganya adalah Ibu Evi Fitri Aglina M.Pd yang mana terdapat 8 mahasiswa yang mengikuti PKL, dapat ditunjukan pada gambar berikut ini :

Gambar 7

Kategori: Berita PMI

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *